Custom Search

31.8.08

Tips Cara Membuat Tab Pada Messenger



Chatting dengan Yahoo! Messenger itu emang nyenengin, yang ngga enaknya adalah tampilan Chat Windowsnya yang berdiri sendiri-sendiri alias terpisah satu sama lain. Bayangin aja klo Qta lagi chat dengan beberapa orang sekaligus, udah bisa dipastiin bahwa desktop Windows Qta akan penuh. Google Talk, program messenger punya Google ini punya solusinya, yaitu Chat Windowsnya dibuat dalam bentuk Tab seperti halnya browser Mozilla Firefox, dengan demikian desktop Qta akan senantiasa bersih karena hanya ada satu windows aja yang terbuka.

Kira-kira bisa ga yah YM dibikin seperti itu?? ternyata bisa!! Tadi Gw jalan-jalan di official blognya Yahoo messenger. Baca-baca arsip lama, ternyata ada cara untuk membuat tab pada Yahoo Messenger. Jadi tampilannya nanti seperti tab firefox atau tab pada Gaim. Setiap ada pm baru, cukup muncul di satu window kecil saja, Gak seperti tab YM sekarang yang muncul window baru setiap ada pm. Jadi kalo banyak melayani pm, layar monitor kita gak penuh dengan private messege.

Tabs pada Yahoo Messenger merupakan salah satu fitur yang emang sengaja di sembunyiin. Kita bisa aktifin (meng-on kan) maupun menonaktifin (meng off kan) tabs tersebut. Cukup download file registry di bawah ini dan doble klik baik untuk aktifin atau untuk menonaktifin.

Hack tabs ini hanya berlaku untuk Yahoo Messenger versi 8.1. Saya gak tau apakah ada untuk YM untuk versi lain. Pembuatnya adalah andys di wakyb. Dialah yang banyak melakukan hack dan membuat berbagi macam utility Yahoo Messenger.

Sebenernya ada cara laen siy,,
caranya adalah dengan menambahkan entri registry baru pada Windows.
Cara yang paling cepat adalah dengan menggunakan Registry Editor bawaan Windows, Tapi untuk mencegah kesalahan editing registry yang bisa berakibat cukup fatal, Jadi Gw pake cara lain, yaitu membuat sebuah file Registry dengan Notepad. DiNotepad Gw ketikin script sederhana seperti ini:

Windows Registry Editor Version 5.00[HKEY_CURRENT_USER\Software\Yahoo\pager]“Tabbed IM”=dword:00000001

Save dengan nama file “YM-TAB.REG” (gunakan tanda kutip untuk mencegah Notepad menyimpan file tersebut dalam format TXT). Langkah selanjutkan adalah menjalankan file YM-TAB.REG tersebut, caranya cukup dengan klik dua kali pada Windows Explorer.

Windows kemudian akan meminta konfirmasi, tekan Yes lalu tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan bahwa registry telah dimasukkan. Selesai sampai disini, Qta tinggal jalanin program Yahoo! Messenger seperti biasa. Setelah itu, saat Qta melakukan chatting dengan beberapa orang, tampilan Chat Windowsnya akan terlihat lebih rapih dan tidak bertebaran lagi di desktop Windows.
Silahkan dicoba!

No comments: